Minggu, 11 Februari 2018

Pengalaman Tak Terlupakan : Cedera ACL dan MCL di Lutut Kiri Cukup Sekali Ini Aja. Nggak Lagi..! (PART 1)

Hai readers.. maafin bangetbangetbanget postinganku terhitung sangat lamaaaa ga pernah diupdate.. yahh haha sampai blog ini berasa berdebu dan banyak sarang laba-labanya. Haha saking lamanya ga ngeblog yah. Jadi... aku ingin bercerita satu pengalaman pahitku ini karena menurutku THIS IS GREATEST NIGHTMARE WHICH BECOMING TRUE..!!! ya, jadi aku adalah tipe orang yang aktif, dan i can’t if i just sit or just quiet. No! Selain aktif, aku bukanlah tipe orang yang body-shaming. Aku nggak pernah pusing orang mau komen apa tentang bentuk badanku. Padahal, aku sering dibilangin sama orang-orang..

“kakimu tuhhh yaaa gede banget (betisnya) kaya gebug (pemukul,bhs jawa wkwk) maling.. kecilin kek...??”

Tapi aku selalu enjoy dalam menghadapi dan menjawab omongan seperti itu. Aku selalu jawab :

“biarin aja.. mau gimana juga karena kedua kaki ini aku super bersyukur karena aku bisa kemana aja aku mau, ngapain aja yang aku suka.!”

Ya karena itulah, aku sangat menyayangi kedua kakiku. Aku beraktifitas, karena siapa? Kakiku sayang tentunya.. dan mimpi buruk itupun datang.

Jumat, 25 Agustus 2017.

Pagi itu, aku harus menghadiri gladi bersih acara inaugurasi penutupan ospek mahasiswa baru di kampusku. Aku menjadi salah satu talent yang mengisi. Aku menjadi perwakilan Resimen Mahasiswa dan membawakan adegan perkelahian dengan gaya BDM (Bela Diri Militer). Oke, bersama si Smash merahku aku ke kampus seperti biasa pukul 9.00 pagi, aku sudah di kampus. Beberapa teman yang akan tampil belum datang, maka aku memutuskan untuk melihat-lihat persiapan panitia. Lantas, dari panitia menghampiriku. Ia memintaku untuk menyiapkan narasi pengiring saat show-nya berlangsung. Aku dan seorang rekanku segera mengurusnya. Saat kembali kurang lebih pukul 10.15, aku melihat rekan-rekan semuanya sudah siap dan segera kuserahkan teks itu pada panitia. Aku langsung bergegas ke lapangaan yang telah dipasangi matras, cukup luas. Tanpa komando yang jelas, sound pengiring kita dinyalain (ahh ketiban apes emang waktu ituuuh -__-) langsung, adegan demi adegan beranglangsung cepat. Adegan bagianku ada 3. Adagen pertama, lancar. Aku mundur ke daerah persiapanku di awal. Terus, rentetan adegan temenku berlangsung. Sialnya, aku salah membaca gerakan temanku yang ternyata DIA SALAH GERAKANN harusnya muter ke kanan, ia malah muter ke kiri, aku sudah terlanjur lari kedepan dan melepaskan tendangan yang cukup keras dengan kaki kananku, dan mengenainya. Karena efek putarannya, kakiku ikut tergeser arahnya dann aku jatuh dengan cukup keras, dan membuatku tidak cukup waktu untuk memposisikan badan jatuh dengan aman, namun berakhir dengan jatuh posisi kaki kiriku terlipat. Sepele, namun aku mendengar suara KREEEEKKK dari lututku. Aku mencoba bangun namun tidak bisa, lututku kiriku berasa sangat goyah. Akhirnya aku menyerah untuk tidak berdiri dan mengguling ke kanan beberapa kali untuk menghindari dijatuhin temenku (aku cewe sendiri yang fight disitu. Kalo ketiban cowo yang beradegan fight disebelahku ga lucu juga oy -__-) nah disitulah aku berbaring, panas, panas banget.! YAIYALAH UDAH MAU JAM 11AN GIMANA GA PANAS DAN SILAU MEN wkwk. Disitu aku gabisa ngerasain lututku. Aku cuman angkat tangan minta tolong dan dua menit kemudian baru terasa, dimana otot bawah kakinya, OMG rasanya kayak ditarik berlawanan. Sakit banget. Disitu aku mulai menceracau gajelas (yakin sakit banget). Langsung deh sama panitia aku dibawa ke pos kesehatan.
Sampe sana, aku dikasih obat pereda nyeri. Kemudian, aku nangis (hehe selanjutnya aku banyak nangisnya gaes, maapin :”) dan bilang ke mbak nya pos kesehatan, takut banget kalo sampe ligamenku kena (yah sempet denger istilah ligamen-ligamen gitu, tp belum ngerti dan taunya itu fatal dan bahaya banget. Mbaknya nenangin aku. Kemudian, aku ingat aku punya guru olahraga SMA yang paham soal sport injury gitu. Aku pengen dipanggilin beliau aja tapi dari pihak kampus nolak dengan alasan udah disediain tukang pijet gituuu L yaudah aku manut aja.. sambil nunggu tukang pijetnya, aku diberi pertolongan pertama yaitu dengan mengompres es batu dibawah lututku (katanya sih biar ga bengkak banget). Abangku juga dateng setelah dikabarin sama temen-temen menwa kalau aku jatuh (padahal sebelumnya lagi mutungan dan kebetulan paginya dia ga nemenin karena lagi magang kwkkw). mukanya gabisa boong dia panik juga hehe.
Jam 11.00 siang, aku dipijet gitu dibagian telapak kaki (pokonya lututku ga disentuh) dan sakitnyaaa OMG parah. Aku nangis kejer gitu gatahan bangettt dan gapeduli lahh sama semua orang disitu pokoknya messed up banget. Kemudian, aku disuruh berdiri. Aku berdiri pelan-pelan. Dan ini part paling ngilunya. AKU JATUH LAGI, TAPI POSISI KAKINYA NGGAK BANGET. Jadi kaki kiriku dari lutut kebawah itu nekuknya kesamping kiri. Yakin aku langsung K.O disitu. Posisiku dibenerin, kali ini bapa pengurut itu ngurut aku di beberapa titik. Gatau lagi dah gainget mana aja yang jelas sakit dan aku ditinggalin begitu aja. Katanya sih udah, tunggu aja gitu. WHAT THE HELL nunggu apa coba?? L setelah ‘usaha pengobatan’ itu, aku juga nenangin diri, aku dibawa ke ruang Menwa sama abangku dan beberapa temen pakai kursi roda. Anjirlah, disitu aku masih bisa ketawa-ketawa (maklum ya ndeso berat pertama kali naik kursi roda coy wwkwk mana yang dorongin abang dan di cie-cie sekampus ahahaha berasa kek di film-film ituloh :P wkwk) setelah sampe, aku duduk lagi tentunya posisinya dilantai biar kakinya bisa lurus. Ga berapa lama, aku diantar pulang sama abangku. Jadi dia ngambil motorku dan aku dipapah untuk naik boncengan. Nah, ini ngilu juga. Aku lupa kalo kaki kiriku sakit. AKU ANGKAT KAKI KANAN UNTUK NAIK MOTOR. Bego banget kan..??? oke lututku goyah langsung, nekuk ke kiri lagi untuk yang kedua kali. Woiii langsung jerit-jerit tuh. Sampe rumah, orang rumah cukup shock liat aku jalan harus dipapah. Biasanya aja jalannya gagah (HEHE). Terpaksa, aku bedrest. Ke kamar mandi, kemana aja harus dipapah dan sama sekali takut buat napakin kaki. Trauma berat kali ya. Malemnya, aku gabisa tidur karena ganyaman sama sekali dg posisiku. (gabisa miring, telentang aja pokoknya) kakiku mulai bengkak besar dan ga bisa nekuk penuh.

Sabtu, 26 Agustus 2017

waktu nunggu ronsen.. kucel parah 😁😁😁
Sabtu pagi, aku putuskan buat ke klinik kampus buat berobat. Dianterin abang, aku kesana. Antreannya ga banyak waktu itu. Setelah ketemu dokter, dokter sarankan untuk aku ronsen dulu. Setelah ada hasil ronsen baru balik ke klinik lagi. Karena hari itu hari sabtu, aku pikir mungkin poli radiologi instalasi kesehatan pada tutup kali ya. Setelah berunding dengan dokter dan abang, maka aku dirujuk ronsen ke RSU Puri Asih. Sampai disana, kuranglebih jam 10 pagi gitu dan mereka bilang kebetulan banget dokter radiologinya baru aja pulang dan balik ke RS belum tau jam berapa. Terus, aku dan abang berunding lagi dan akhirnya ke RSP Ario Wirawan. Yaah, sampai sana juga sama aja dokter radiologinya lagi ga ada. Tapi, mereka menyanggupi untuk layanan ronsen. Oke aku langsung ronsen disitu. Tapi, aku dikasih tau kalau hasilnya baru bisa keluar hari Senin siang. Artinya, aku baru bisa konsul ke dokter klinik hari Senin. Di klinik ini aku ditanganin sama dr. Sylvie. Aduh baik banget dokternya aluusss bangett ngomongnya :”) wkwk. Akhirnya aku pulang ke rumah.


Senin, 28 Agustus 2017

Siang harinya, sepulang magang, abang dateng ke rumahku dengan bawa hasil ronsen. Pas lihat gini, ga ada apa-apanya tuh. Tulangnya normal. Gaada yang salah. Pas baca lembar hasilnya, tidak ada kesan apa-apa juga. Tapi, aku harus tetap ke klinik buat share ke dokter mengenai hasil ronsenku. Dokter agak bingung juga nih, kok bisa gitu ga ada fraktur apapun. Akhirnya aku disarankan untuk fisioterapi. Sebelumnya, aku dirujuk ke dokter syaraf untuk memastikan syarafku aman. Aku dirujuk ke dokter di RSU Puri Asih lagi. Well.. dokter yang memeriksaku ini bingung lagi wkwk
“lah.. mba, ini kok kamu gabisa stabil yah berdirinya.?” Nanya gitu ke aku hehe. Oleh beliau, aku disarankan untuk memastikannya lagi di dokter ortopedi. Okedeh.. karena posisi cedera ini tanpa ada luka di permukaan kulitku, jadi mungkin agak susah gitu. Nah, di dokter ortopedi ini lah ketahuan diagnosanya.
Aku dirujuk ke dokter ortopedi, masih di RSU Puri Asih. Disini aku ditangani oleh dr. Pipit Pudjo. Sayangnya, dr. Pipit prakteknya hari selasa sore apa rabu gitu aku lupa. Yang jelas, berselang 1 atau 2 hari gitu.
Sehari atau dua hari kemudian, Agustus 2017
Aku antre lagi, buat ketemu dr. Pipit. Oke pas giliranku, aku disuruh baring dan dokter melakukan tes sederhana (yang ak baca-baca namanya Lachman test, correct me if imma wrong): telapak kaki di pegang terus digoyang-goyang dikit. Nah, pas satu gerakan yaitu ke kanan kiri, terasa banget lututku macam goyah gitu ga ‘memegang’ betisnya gitu. Dan ketika ditekuk, kakiku gabisa nekuk. Cuman, kata dr. Pipit lututku terlalu bengkak untuk mastikan lututku sebenernya kenapa. Aku disuruh balik lagi seminggu lagi setelah bengkaknya berkurang. Oleh dokter, aku dikasih obat oral dan tensocrepe atau bandage. Dokter udah nulis, yaitu ACL dan MCL. Ih apaan sih itu? Pulangnya aku googling. Rasanya aku tertekan banget setelah baca di google. Jadi 2 dari 4 ligamen yang ada, terindikasi RUPTURE alias robek. Down banget waktu itu.
Seminggu kemudian, September 2017
Aku balik lagi ke dr. Pipit. Kali ini bengkak lututku udah berkurang. Dengan metode sama, lututku kembali dicek. Aku inget banget ekspresi dr. Pipit pas membandingkan kaki kanan dan kiriku. Sampe tiga kali kayanya bandinginnya. Dahinya lgsg berkerut gitu -_- aku dipersilakan buat duduk lagi. Terus aku beranikan diri lagi untuk nanya.
“gimana dok.?”
“hmm, mba saya rujuk ke RS Ortopedi di solo ya. Disana ada dr. Tangkas, beliau expert di bidang sport injury.”
“lahhh..?? kok dirujuk..?” aku langsung nanya ke dr. Pipit. Pokoknya aku kepo banget, apa yang terjadi sama lututku

“iya mba. Tadi ketika saya tes, terlihat bedanya gitu dilutut kiri mba agak goyah dan nggak ‘berkait’ sama betisnya.. selain itu, mba juga gabisa nekuk kakinya, meskipun uda ga bengkak. Kemungkinan besar ACL dan MCL sih,” dr. Pipit ragu gitu takut aku down, karena aku tanya kepo akhirnya dijelasin sedikit tentang pengobatannya. Yaitu operasi. I WAS LITERARY, DOWN, BROKEN, DESPERATE pokoknya i couldn’t explained it anymore perasaanku saat itu gimana. kacau berat pokoknyalah ahaha alay ya .. karena berasa pemulihannya lama banget.

oke readers, aku akan sambung ke part 2 yaa.. udah kepanjangan nih wkwk. tetap stay tune untuk update ceritaku.
salam.! ❤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar